Laman

Sabtu, 06 September 2008

Puasa, Test Sederhana dari Allah

Ngapain puasa? udah kewajiban broer!
Nah, dari puasa ente dapat hikmah apa?hikmahnya? ya, laper tuh kagak ada enak-enaknya.
Trus? ya..gituu dehh..pokoknya mah, kagak enak jadi orang yang kagak bisa makan teratur!

Sebetulnya ada satu lagi hikmah puasa yang diwajibkan Allah kepada kita broer! Apaan tuh?
Hikmahnya, kita disuruh membedakan mana yang kebutuhan, mana yang keinginan kita!
Maksudnya? ya gituuu dehhh!!

Coba ente perhatikan! waktu bedug magrib kedengeran...ente minum segelas air putih, cukup kagak? yaaaa...cukup siiihh, tiba-tiba haus ama laper jadi ilang, gitooohh!
Nha, itulah..ternyata kebutuhan kita sudah tercukupi dengan segelas air putih, lalu knapa ente tambahin dengan semangkok kolek? trus segelas es buah campur? belon lagi teh manis?!
Artinya, ente udah mengikuti keinginan napsu ente, padahal kagak pake nambah semua yang ane sebutin, khan ente kagak bakalan mati tokh? Tokhhhh!!!?

Iye juga sih bang....trus gimane donk?
Nha, dari pelajaran di atas (kagak usah nengok ke eternit ye pembaca!) sebetulnya kita sudah dapet pelajaran berharga, bahwa sebetulnya Allah mah udah menjamin bahwa kebutuhan kita mah pasti tercukupi. Lain soal kalau keinginan, ampe kiamat juga kagak bakalan terpenuhi keinginan itu.

Kalau aja semua kaum muslim di negeri ini udah bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan, kayaknya mah kagak bakalan terlalu sering ada kenaikan harga di bulan ramadhan, lha soalnya kagak akan banyak permintaan tambahan sembako dan pernak-pernik untuk buka puasa. Kalau nyang sekarang mah, baru mau mulai bulan ramadhan, harga-harga udah pada bekejaran , masing-masing kagak mau kalah dengan nyang laennyah!

Moga-moga aja puasa taon ini puasa nyang lebih baek dari taon - taon kmaren. amiinn
(sambil kebayang, tadi buka puasa dengan teh manis, jus, ayam bakar dan lontong sayur ame kue cucur kiriman tetangga, wahhh.........!!!???)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar